Senin, 04 Agustus 2014

MENDAFTAR DRIVING LICENSE & COLORADO ID #untuk Teenager.

Merupakan pengalaman menarik mengikuti proses aplikasi Driving License di Colorado. Mungkin secara  umum, hal ini berlaku pula untuk Negara bagian lainnya di USA. 

Sara  baru genap 17 tahun Mei lalu.  Di Indonesia, dia sudah berhak untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi.  Tetapi karena tidak sempat mengurus,  maka proses ini harus dilalui di USA. 

Ternyata di Colorado untuk usia 17 tahun belum bisa mendapatkan Driving License.  Sepemahamanku, usia minimal adalah 18 tahun.  Sebelum usia itu, yang didapatkan adalah Driving Permit.  Pengemudi tetap dapat mengendarai kendaraan, namun dengan supervisi ketat dari Penjaga (Guardian).   Penjaga bisa orang tua ataupun orang lain yang diberikan kuasa untuk itu.  Usia minimal yang diijinkan untuk memegang Driving Permit ini beragam. Tergantung peraturan setiap Negara Bagian.

Sulitkah untuk mendapatkan Driving Permit?  Sebenarnya tidak, namun harus menyelesaikan beberapa persyaratan.  Diantaranya adalah mengikuti sekolah mengemudi selama 30 jam.  Sekolah ini dapat dilakukan secara on-line atau dengan hadir di kelas. 

Sara didaftarkan  di Boulder Academy, dengan mengambil sistem kehadiran di kelas selama 5 hari untuk 30 jam. Biaya tepatnya aku lupa. Mungkin sekitar $450.

Driving Academy

Mengisi data pendaftaran 

Tanya Jawab:) 

Memasuki ruang kursusnya aku agak terpana.  Isinya anak-anak teenager . Wahh,  di Indonesia mana ada kelas teori seperti ini.  Yang menggelikan adalah kesan ini :  bahwa anak  ABG dimana saja ulahnya sama.  Saat itu terlihat ada yang serius membaca materinya, ada yang melamun, ada yang memandangi jendela dan tentu saja ada yang bermain gadgetnya. Mungkin bosan,  hehehe.   

Suasana kelas
Namun demikian,  keharusan mengetahui detail teori lalulintas dan tata cara berkendara merupakan hal yang serius.  Terutama bagi para anak muda.  Ternyata angka kecelakaan oleh mereka sangat tinggi.  Mabuk, menelpon dan  chatting saat berkendara menempati posisi teratas sebagai penyebabnya. 
Hmmm jadi teringat beberapa peristiwa kecelakaan maut jalan tol Jakarta oleh anak2 para public figure itu .  Mungkin  kewajiban yang seperti ini dapat mengurangi kemungkinan peristiwa2 tragis. 

Selesai mendaftar,  kita ke beralih ke Colorado Dept of Revenue (DOR) Driving License Office - Boulder. Kantor ini dikelola oleh  Division of Motor Vehicle (DMV).  Tujuannya adalah mendaftar untuk mendapatkan Colorado Identity. Identitas ini penting untuk mengurus banyak hal.  Termasuk untuk pembuktian usia seseorang. 



Karena kita datang sudah cukup siang,  maka mendapatkan nomor antrian angka tinggi. N 65. Dalam sistem antrian terbaca waktu tunggu 1 jam. 
Okelah.  Kita tunggu sambil makan siang di restaurant Mexico depan ruang DMV Office.
Ternyata waktu tunggu lebih dari 1 jam.  2,5 jam!
Ya ampunnnn.  Loketnya hanya terlayani oleh 3 orang ditambah 1 supervisor yang merangkap menjadi juru foto identitas. 
Dan 3 petugas ini sudah berumur.
Aku sampai menanyakan mengapa dari banyak kegiatan administrasi ataupun resepsionis yang bekerja adalah orang2 tua?
Ternyata mereka mendapatkan hak kerja yang sama.  Di sini saat melamar tidak dicantumkan berapa usia.  Karena itu akan melanggar hak asasi manusia untuk bekerja dalam kesetaraan. 

Kok nomor antriannya ngak maju2 yaa ...
Pertanyaan lainnya adalah, jika memang banyak sekali orang yang datang, mengapa tenaganya hanya 4 orang?
Satu orang membutuhkan penyelesaian sekitar 30 menit.
Mungkin jawabannya adalah terkait budget.

Pada saat sudah mendapat giliran, kelengkapan administrasi diperiksa.  Sara pendatang,   Tetapi dia akan hidup dengan tante dan oomnya.  Sehingga  disodorkan data2 dari mereka berdua.  Oleh karenanya juga, oomnya sendiri yang mendampingi proses ini.  Untuk  legal keabsahan kehadirannya diperlukan : I94,  F1, I20,  Social Security Number. 
Yang nampak tidak ada adalah :
-       I94.  Namun setelah ditelusuri, ternyata I94nya diadakan secara elektronik, dan datanya memang ada di sistem. Clear. 
-       Social Security Number.  Sara  tidak punya.  Sehingga kita berasumsi tidak diperlukan.

Ternyata  asumsi kita keliru!
Jadi jika tidak bisa mendapatkan Social Security Number,  harus diserahkan surat penolakannya.  Oleh karenanya walaupun sudah menunggu 2,5 jam,  proses tidak dilakukan. Hanya dalam 5 menit sudah ditolak. Hadeuhhhhh. 
Seharusnya persyaratan itu juga dicantumkan di Websitenya!  Petugasnya cuma bilang : “Sorry! I haven't read the website. But this is the rule”
Selamat datang di USA!

Ditolak :) 
Sudah terlalu sore mengejar surat penolakan di Social Security Number  Office  (SSN).  Jadi kita kerjakan keesokan harinya. 

Untungnya hanya membutuhkan waktu tunggu dan proses 15 menit. Selanjutnya kembali ke DMV Boulder.  Menunggu lagi 1,5 jam. Hahahaha. 
Kali ini proses cukup lancar. Biaya administrasinya hanya $10,5. Sara berhasil difoto untuk kartu identitasnya, dan membawa pulang Affidavit of Liability and Guardianship form. 

Form ini adalah  kesediaan akan adanya kewajiban dan pertanggungjawaban orangtua atau penjaga atas segala hal terkait si pengemudi remaja.  Dan harus disahkan oleh notaris. 

The Form 
Panjang yaaaa prosesnya.  Tapi semuanya kita jalani.

Aku sudah pulang ke Jakarta pada saat Sara mengikuti kelas menyupirnya.  Nilai ujiannya tinggi.  Langkah pertama yang baik untuk memenuhi sebuah tanggung jawab.  Seminggu dari saat dia mendaftar,  Colorado ID cardnya sudah keluar.   Yang sedang dalam proses adalah mendaftar untuk Driving Permitnya. Hal ini tidak lancar juga karena ada kesalahan dengan menghilangnya I94 pada sistem imigrasi USA.  Minggu ini akan coba diselesaikan di kantor Imigrasi Bandara Denver.  Kemudian mendaftarkan aplikasi Driver Permitnya di DMV Denver.  Pemegang Driving Permit harus didampingi oleh guardian-nya saat mengemudi.  Kemudian si pendamping akan memberikan catatan dan membubuhkan tandatangan pada form yang disediakan.  

Nanti kalau usianya sudah 18 tahun,  dia sudah berhak untuk mendapatkan Driving License dan bebas mengendarai kendaraan sendiri. 

Dengan segala proses ini,  kita belajar akan berbagai sistem dan prosedur  yang mendetail. Tantenya Sara selalu mengatakan : “Memang awalnya rumit dan susah. Tetapi nantinya akan sangat berguna dan mudah”
Aku percaya akan  pernyataan itu.  
Semoga  dengan segala proses yang dilalui,  Sara bisa menjadi pengemudi remaja yang baik dan bertanggungjawab.

Mengemudi yang baik ya ….
Jangan sambil main iphone! 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar